7 Manfaat Sedekah Bagi Kehidupan Manusia, Salah Satunya Memperpanjang Usia

Posted on

Bersedekah merupakan tindakan yang mulia yang masuk ke dalam salah satu sunnah yang sangat disarankan bagi umat Islam.

Tidak hanya berbentuk harta benda saja, melakukan sedekah bisa dengan apa pun seperti ibadah fisik non material. Seperti menolong orang lain dengan tenaga dan pikirannya, senyum, memberi nafkah keluarga, mengajar ilmu, berdzikir dan lain sebagainya.

Manfaat sedekah bukan hanya dapat meringankan beban bagi yang menerimanya, melainkan bermanfaat bagi kelangsungan hidup yang diterima. Allah sangat memuliakan orang-orang yang bersedekah dan menyediakan balasan-balasan yang sangat besar.

Balasan Allah SWT ini pun dapat kamu rasakan dengan baik secara langsung maupun secara tidak langsung saat menjalankan kehidupan sehari-hari.

Berikut ini ada 7 manfaat sedekah bagi kehidupan manusia, salah satunya dapat umur telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber.

1. Menghindar dari Marabahaya

Manfaat sedekah yang pertama adalah sebagai penolak bala, penyubur pahala, menahan musibah, dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, “Bersegeralah untuk bersedekah. Karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah. ”

Nabi SAW bersabda, “Asshodaqotu tasuddu sab’iina baaban minas suu-i” artinya: “Shodaqoh itu menutup tujuh puluh pintu kejahatan.”

Itulah di antara manfaat sedekah merawat janji Allah SWT dalam Al-Quran: “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik maka Allah akan melipatgandakan pembayaran dengan melipat ganda yang banyak.” (QS. Al-Baqarah: 245).

2. Membuka Pintu Rezeki

Manfaat sedekah berikutnya adalah membuka pintu rezeki. Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Baihaqi, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.”

Diriwayatkan juga dalam riwayat hadist Muslim, “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu”.

3. Memperpanjang Umur

Manfaat sedekah bagi kelangsungan hidup kamu adalah bisa memanjangkan umur. Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga diri sendiri“. (HR. Thabrani).

4. Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”. (HR. Ath-Thabrani).

Hal ini berarti bahwa dengan melakukan sesuatu hal yang positif, seperti bersedekah, maka akan meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Sehingga tubuh lebih kuat menghadapi penyakit.

5. Melipat Gandakan Rezeki

Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah Ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

6. Sebagai Naungan di Hari Kiamat

Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda, “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.”

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah, umat Islam lebih disukai untuk gemar bersedekah apalagi di bulan Ramadan.

7. Menghapus Dosa

Siapa sangka, manusia memang tidak pernah luput dari yang namanya dosa. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi).
Sedekah merupakan cara mudah yang disediakan oleh Allah agar dapat mengikis perbuatan-perbuatan dosa yang telah diperbuat. Kamu tersenyum saja, sudah termasuk ke dalam bersedekah. Karena senyum merupakan salah satu sedekah termudah yang dapat kamu sebarkan dengan mengukir garis senyum di bibir.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *